Posted by: seuratnana | July 31, 2009

Pengurusan STNK dan BPKB.

Mau sekedar Sharing dari pengalaman pribadi, sapa tau bisa bermanfaat buat orang lain.

Beberapa waktu lalu di kantorku mendapatkan 2 kendaraan bermotor yang masih baru, belum pernah diisi atau belum ada surat-suratnya. Bosku menawarkannya kepada para karyawan untuk menyicil ke kantor dan aku termasuk yang berminat, ya lumayan dapat cicilan tanpa bunga, kapan lagi ada kesempatan seperti ini dan waktunya pun bertepatan dengan Ulang Tahun suamiku, Cieeeeee.

Akhirnya salah satu dari motor itu resmi aku cicil tapi urusan surat-surat harus diurus sendiri, bosku tak mau tau. No problem.
Setelah bertanya ke beberapa Biro jasa tentang biaya pengurusannya dan waktu yang dibutuhkan sampai mendapatkan plat nomor dan STNK ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, maklum waktunya mepet banget. Setelah berdiskusi dan bertanya ke orang terdekat kuputuskan untuk mengurusnya sendiri seizin managerku (soalnya pasti bakalan izin kerja) tentunya.
Pertama ke kantor SAMSAT Pusat menanyakan forrmulir dan apa saja yang harus saya lengkapi.

1. Faktur dari Dealer lengkap dengan surat dari bea cukai dan shipment karena kendaraannya import jadi hrs ada copyannya.
2. Rekom POLDA perlu waktu sekitar 3 hari kerja .
3. Identitas pemilik ASLI dan Copy.

Setelah surat yang dimaksud lengkap mulailah berangkat ke SAMSAT.
Jalur yang harus dilalui.
1. Bagian Formulir
Dibagian ini diberikan beberapa formulir untuk identifikasi kendaraan bermotor, ada 2 lembar formulir khusus untuk gesek nomor rangka dan nomor mesin.

2. Bagian identifikasi fisik.
Bagian ini untuk menggesek nomor rangka dan nomor mesin sesuai formulir yang diberikan, ada petugasnya dan biasanya letak loketnya di depan kantor. Karena kendaraan baru dan nggak bisa dibawa jadi saya gesek sendiri. Saya tanya orang yang berpengalaman untuk tau dimana letak nomor yang dimaksud, maklum walau Bapak punya bengkel mobil tapi masalah kendaraan nggak pernah mau tau. sekarang jadi tau.
Menggesek nomor rangka dan nomor mesin harus hati-hati dan cek dengan teliti karena kalau satu huruf nggak kegesek harus diulang lagi dan formulir yang diberikan terbatas loh. Setelah lengkap nomornya kembali lagi ke SAMSAT untuk dicek bagian identifikasi fisik dan mendapatkan paraf serta cap dari Bagian Identifikasi Fisik. Untuk mobil yang udah ada plat nomornya harus dibawa kendaraannya loh.

3. Bagian Identifikasi
Bagian ini akan mengecek kelengkapan surat dan formulir yang sudah diisi dan di paraf bagian sebelumnya.
Ingat harus dicek dulu kelengkapan surat sebelum masuk ke bagian identifikasi.
Kebetulan dari sini petugasnya berbaik hati memberitahu jalur yang harus saya jalanin.

4. Bagian Pelaporan / Mutasi masuk
Disini Kendaraan kita dicek kebenarannya sesuai dengan dealer yang mengeluarkan faktur dan jika benar ada verifikasi/paraf dari petugasnya.
Karena kebetulan saya menyertakan surat Rekom POLDA jadi tidak perlu ada verifikasi dari bagian ini “kata petugasnya”.

5. Bagian Pendaftaran dan Penomoran.
Dibagian ini kita sudah dapat nomor polisi kendaraan loh, setelah didaftarkan lalu kita dibri catatan/memo untuk pembayaran buku BPKB dan STNK.

6. Bank pembayaran buku BPKB
Buku BPKB dibeli seharga Rp. 70.000,- jangan lupa struk pembayaran dan tandatangani juga struk pembayarannya.

7. Bagian BPKB
Berikan semua dokumen kebagian ini untuk diberi verifikasi nomor buku BPKB dan dokumen lain untuk diberikan ke SAMSAT yang sesuai dengan daerah kita. Harus diperhatikan Faktur harus sudah diisi tanggalnya karena kalo belum ditanggali kita harus kembali ke Dealer yang mengeluarkan faktur untuk mengisinya, dan harus diingat juga kalau tanggal yang tertera ada batas waktunya, melewati batas waktu maka kita harus membayar denda.

8. Langkah selanjutnya harus dilakukan di SAMSAT yang sesuai dengan daerah kita bermukim atau sesuai dengan alamat yang tertera di KTP dan FAKTUR.

9. Bagian Pendaftaran Kendaraan baru.
Serahkan semua dokumen yang kita dapat dari bagian BPKB di SAMSAT PUSAT kabagian ini, dan tunggu nama kita dipanggil untuk verifikasi data di STNK. Bagian ini yang akan mengeluarkan STNK dan berapa jumlah pajak serta biaya yang harus kita bayar.

10. KASIR
Setelah data di STNK kita cek maka kita harus membayar biaya yang tertera di STNK di kasir. Dokumen harus diserahkan kembali ke KASIR . Setelah membayar biaya yang tertera ditambah iuran PMI tinggal tunggu nama kita dipanggil.

11. Penyerahan STNK
Tinggal sedikit lagi nich.
STNK sudah diterbitkan, saya diberi 3 lembar surat yaitu STNK Asli, Surat BBN dan 1 copy warna biru untuk diserahkan ke bagian BPKB.

12. Pengambilan flat nomor.
Flat nomor biasanya bisa diambil setelah 2 atau 3 hari STNK diterima. Jangan lupa disaat pengambilan flat nomor bawa serta STNK asli dan jika kita mewakilkan jangan lupa bekali KTP asli untuk mempermudah.

13. BPKB
Serahkan lembar warna biru yang kita dapat ke bagian BPKB, biasanya nomor telp kita dicatat oleh bagian ini karena waktu penerbitan BPKB lumayan lama 1 bulan lebih loh.( Bagian ini belum bisa sharing karena belum selesai)

Mudah kan mengurusnya, asal surat-suratnya lengkap dan betul kita nggak perlu bolak balik. Pengalamanku yang harus bolak balik karena ada kesalahan pengetikan dari dealer dan tidak mencantumkan tangal di faktur menambah kerjaan lagi karena harus bolak balik untuk menyelesaikannya.
Kalau semua lengkap setelah mendapatkan Surat rekom dari POLDA hanya butuh 1 hari untuk menyelesaikan tahap 3 (bagian indentifikasi) s/d penerbitan STNK bahkan kalau kendaraannya langsung dibawa (jadi nggak usah bolak balik buat gesek nomor) lebih baik lagi.

Pengalaman menarik mengurus motor yang akan jadi hadiah ULTAH buat Suamiku. Sempet mau menyerah karena harus bolak balik melengkapi dokumen dan perbaikan data baik ke dealer bahkan ke SAMSATnya.
Tapi setelah dilewati tidak begitu sulit, hanya mungkin butuh waktu lebih untuk menyelesaikannya.

Makasih banget buat yang udah bantuin, kepada ptugas SAMSAT PUSAT dan Bandung Barat yang udah bantuin (soalnya sempet bengong musti ngapain), F/ U too Nink yang udah support waktu mo nyerah dan menyudahi usahaku (hihihihi), T’ Im buat wejangannya.

Memang lumayan murah kalo kita kerjakan sendiri tapi tidak saya sarankan untuk yang tidak punya waktu luang karena bisa seharian (kayaknya lewat biro aja dech tinggal kasih data dan duduk manis nunggu semua selesai).

Yang perlu diingat nich.
1. Cek nama dan alamat yang tertera di Faktur harus sesuai dengan KTP
2. Lihat kelengkapan dokumen karena untuk kendaraan yang sangat berharga kelengkapan dokumen benar-benar dicek.
3. Cek tanggal yang tertera di faktur karena ada batas waktunya tapi jangan sampai kosong juga karena tidak diperbolehkan.
4. Siapkan waktu kosong.

Pengalaman baru, ribet, capek tapi mengasikkan. Kalau nggak ngerti tinggal nanya aza ke petugas, Alhamdulillah baik koq.
Bukan maksud untuk mengambil pekerjaan biro jasa loh, Big Thumbs buat mereka yang mau bersusah payah untuk mengerjakannya, prosesnya yang ingin saya tau selain waktu dan biaya yang memang terbatas (wkwkwkwkwkwk).

Tinggal tunggu BPKB saja nich (biar suamiku saja yang urus). Yang penting udah bisa diberikan sesuai hari ULTAHnya.
MUDAH-mudahan suka.

Met Ultah

Met Ultah

MET ULTAH AI.
Love Nana


Responses

  1. BIRO JASA STNK
    CV.KEMIT JAYA
    Jl. Delman Utama No. 52 Kebayoran Lama Utara
    Jakarta Selatan 12440
    Telp (021) 7238374 – 021-93477722.
    Tlp.SMS 081385096456 – 0878 7733 3477
    http://www.urusan-stnk-sim.co
    m Email : kemit.jaya@yahoo.com

    Berkas bisa dijemput kerumah/kantor wilayah jakarta

  2. Total uangnya tergantung harga kendaraanya.
    Pengeluaran yg pasti buku BPKB harganya Rp. 75.000,- cuman itu yang sama.
    Kalo nggak salah perhitungan di faktur Rp. 7.000.000,- kita total ngeluarin uang cuman sekitar Rp.650.000,an (plat nomor, STNK, BPKB, Pajak kendaraan).

  3. berapa duit biaya nya sampe jadi BPKB.tolong info dong,..

  4. Teh Nana rajin nge-blogg yeuh… diupdatena sering teu Teh? sabaraha dinten sakali? hehehehe, punten ah seuer patarosan :P

  5. hebat banget na,,,klo g dah nyerah deh sebelum bertanding,,,hihihi..dan yg pasti,g bakal pake birojasa,,*dasar pemalas*

  6. salutt,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: